Rabu, 11 Februari 2009

Susahnya mengatur menu makanan

Mengatur menu makanan merupakan tugas dan salah satu hal yang biasanya dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Nah...itu kadang-kadang susah sekali. Setiap kali bertanya kepada suami dan anak-anak, pasti jawabnya ...terserah aja. ah yang terserah itu yang susah. Jika bertanya kepada anak, mau masakin apa nak? Terus merekla bilang "soto" itu hal yang mudah bukan? Tetapi seringkali jawaban hanyalah terserah ibu aja..
Pernah suatu waktu masakan dibikin asal aja, jika sedang beruntung, keluarga ok dengan makanannya, tetapi jika tidak beruntung jadi tidak laku alias kecewa.
Pernah membaca mengenai hal ini ada yang menyarankan mensiasati dgn membuat daftar menu per bulan. Daftarnya dibuat yg gampang2 dan cepat masaknya. Kalo minggu sudah disiapin bumbu-bumbu untuk seminggu, biar cepat selesai kalo msknya. Menu ditempel di kulkas dapur. Belanja juga mingguan. Bahan-bahan diolah setengah matang, lalu di taruh kulkas. Jadi praktis dan siap santap.
Dan macam-macam siasat dari ibu-ibu dalam mengatur menu keluarga, tetapi rata-rata ibu-ibu memang suka bingung dan merupakan masalah tersendiri dalam hal ini.

2 komentar:

  1. Salam kenal ya Mbak Henny,
    aku setuju banget, emang susah2 gampang mengatur menu keluarga. Kalo ditanya jawabnya "terserah", walah makin mikir, kalo udah jawab spesifik kan enak tinggal belanja & buka buku resep. :)

    btw, udah aku link ya blog ini.

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga mbak Astra, aku seneng banget ama blognya mbak Astra, mamaku kerja di rumah, menginspirasi, walaupun aku sebenernya ngga kerja di rumah. Sebenernya paling enak emang kerja di rumah ya...buat kaum ibu-ibu kaya kita ini...

    BalasHapus